7 Prinsip Menciptakan Konten Posting Menarik Di Sosmed Yang Wajib Diketahui Pebisnis
![]() |
http://fullmarketingnyc.com/ |
Hadirnya sosmed (social media) diperlukan menjadi udara segar marketing masa digital. Logo Facebook, Twitter, dan Instagram, 3 sosmed tak jarang jadi tambahan media promosi produk. Alasan terbesar dari survey awal saya sangat sederhana, sebab mereka berpikir gratisan.
Yang jadi persoalan adalah, bagaimana meramaikan akun/ page kita? Kedua, bagaimana membangun responsiveness follower terhadap postingan kita? Ketiga, bagaimana menggerakkan mereka membeli produk kita, atau setidaknya membangun merk awareness? Karena setiap ketika ada sekian puluh atau ratus posting gres memenuhi wall dan menenggelamkan postingan kita. Tentunya, tiap sosmed mempunyai keunikan. Namun diantara keunikan tersebut, saya mencoba melihat sebuah contoh kesamaan prinsip komunikasi. Kali ini, saya akan membuatkan 7 prinsip dasar bagaimana membuat posting menarik di sosmed.
1. Keunikan
Posting yang unik akan membedakan dengan posting Anda dengan posting lain. Unik tidak hanya ihwal produk, tapi pemilihan topik, tulisan, dan pemilihan gambar/ video. Manusia selalu mengalami kejenuhan ketika berhadapan dengan rutinitas, sesuatu yang mainstream. Menjadi antimainstream, membuat keunikan akan menjadi solusi yang baik.
2. Komposisi
Sejujurnya, kita semua membangun persepsi konten dari tampilan. Gambar ialah tampilan yang paling gampang diserap oleh mata. Jangan meremehkan kekuatan gambar. Pengambilan foto, editing gambar yang asal-asalan tidak akan cukup menarik perhatian pengunjung. Pelajari aturan-aturan fotografi dan komposisi warna-tata letak dengan baik.
3. Kesamaan
Dalam psikologi dikenal teori matching atau teknik membangun kesamaan. Faktanya, orang yang sedang kita hadapi akan merasa lebih nyaman ketika kita punya kesamaan sesuatu dengannya. Kesamaan hobi, usia, keadaan ekonomi, masalah, atau harapan akan merekatkan 2 orang saling aneh yang bertemu. Selalu pastikan ada unsur kesamaan di dalam postingan Anda terhadap segmen yang Anda tuju.
4. Kesukaan
Wajar, kita akan meng-klik sesuatu yang kita suka. Dengan memahami sikap dan kesukaan segmen yang Anda tuju, maka peluang partisipasi mereka akan lebih tinggi. Saya mengamati sikap facebooker yang meng-unfriend kawan-kawan mereka sebab postingan yang tidak mereka sukai. Unfriend ialah penolakan atau bias perceraian. Sulit berharap kembali menjadi friend. Jangan pernah memposting sesuatu yang segmen Anda benci atau mereka akan meninggalkan Anda.
5. Keaslian
Kadang banyak bohong justru membuat keuntungan. Bisa jadi, tapi yang niscaya ketika kebohongan terkuak, habis sudah nama Anda. Tidak ada orang yang suka dibohongi. Jujur, menjadi diri sendiri apa adanya akan mendorong terciptanya trust sebagai laba jangka panjang. Pilahlah dengan cermat dan bijaksana apa yang baik dan tidak baik untuk materi posting.
6. Kebermaknaan
Apa yang menggerakkan Anda mengunjungi OLX atau Tokopedia? Tentu sebab ada sesuatu yang Anda cari. Manusia hidup dalam pencarian. Mengetahui apa yang sedang dicari segmen Anda akan membuat kebermaknaan. Menyediakan apa yang mereka cari akan membuat keuntungan. Tampilan posting-posting yang mengandung kebermaknaan, nilai, solusi, atau inspirasi.
7. Keberlanjutan
Poin ini cukup sulit dilakukan. Selain memerlukan konsistensi dan ketekunan untuk merawat, mengupdate akun sosmed, Anda perlu memastikan postingan Anda menerima respon sesuai harapan, menyerupai like, komen, atau share dan berapa sasaran responsiveness-nya. Contohnya, membuat pertanyaan, meminta saran, atau statement “Like kalo kau setuju, Share kalo kau peduli”.
Demikian sharing saya ihwal 7 Prinsip Membuat Konten Posting Menarik di Sosmed. Tentunya ada banyak cara membuat page/ postingan Anda menarik dan ramai, menyerupai membuat isu provokatif kontroversif dan sejumlah trik lain. Tips ini hanya bersifat melengkapi dan biar bermanfaat!
Sumber http://inspirasisolusibisnis.blogspot.com/