Modul Ppg Dalam Jabatan 2019 Pdf
Modul PPG Dalam Jabatan 2019 PDF Guru SD Sekolah Menengah Pertama Sekolah Menengan Atas dan Sekolah Menengah kejuruan merupakan bahan pokok yang terdiri dari Kompetensi Pedagogik dan Pendalaman Bidang Study untuk peserta PPGJ jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Dengan adanya modul ini peserta akan diberikan pengetahuan mengenai karakteristik siswa, interaksi siswa dengan guru dan linkungan belajar.
Berikut beberapa klarifikasi singkat dalam modul daring PPG Dalam Jabatan 2019 bahan utama kegiatan mencar ilmu 1 (satu)
Pembelajaran merupakan interaksi antara antarsiswa, antara siswa dengan guru dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar. Interaksi tersebut berfungsi untuk membuatkan seluruh potensi, kecakapan, dan karakteristik siswa di antaranya karakteristik fisik, motorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual.
Untuk itu, hal yang pertama harus dilakukan oleh guru dikala mengajar ialah mengenali dan memahami karakteristik siswa. Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru akan gampang dipahami siswa jikalau disampaikan memakai metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan gaya mencar ilmu siswa.
Menurut teori konvergensi, anak terlahir ibarat kertas yang tertulis dengan goresan pena samar, sehingga kiprah guru dalam pembelajaran ialah mempertebal goresan pena tersebut biar menjadi terang dan jelas. Berdasarkan teori tersebut, setiap siswa mempunyai potensi yang unik yang diwarisi oleh orang tuanya (nature) sehingga lingkungan mempengaruhi dalam pengembangan potensi tersebut (nurture).
Karakteristik siswa menunjukkan pertumbuhan berat tubuh mereka mulai menampilkan gerakangerakan kompleks, rumit, dan cepat yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya kerajinan yang berkualitas atau memainkan alat musik tertentu. Implementasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perkembangan fisik siswa yang sanggup dilakukan guru adalah:
Karakteristik emosi siswa antara lain gampang marah, rewel, rasa takut berlebihan, cemburu, ingin tahu, iri hati, gembira, sedih, dan kasih sayang. Selain itu, perkembangan sosial sangat bersahabat dengan perkembangan emosional yang harus diindentifikasi oleh guru menurut karakteristik siswa.
Sumber https://www.sigerguru.com/
![]() |
| Modul PPG Dalam Jabatan 2019 PDF |
Pembelajaran merupakan interaksi antara antarsiswa, antara siswa dengan guru dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan belajar. Interaksi tersebut berfungsi untuk membuatkan seluruh potensi, kecakapan, dan karakteristik siswa di antaranya karakteristik fisik, motorik, intelektual, sosial, emosional, moral, dan spiritual.
Untuk itu, hal yang pertama harus dilakukan oleh guru dikala mengajar ialah mengenali dan memahami karakteristik siswa. Materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru akan gampang dipahami siswa jikalau disampaikan memakai metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan gaya mencar ilmu siswa.
Menurut teori konvergensi, anak terlahir ibarat kertas yang tertulis dengan goresan pena samar, sehingga kiprah guru dalam pembelajaran ialah mempertebal goresan pena tersebut biar menjadi terang dan jelas. Berdasarkan teori tersebut, setiap siswa mempunyai potensi yang unik yang diwarisi oleh orang tuanya (nature) sehingga lingkungan mempengaruhi dalam pengembangan potensi tersebut (nurture).
Karakteristik siswa menunjukkan pertumbuhan berat tubuh mereka mulai menampilkan gerakangerakan kompleks, rumit, dan cepat yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya kerajinan yang berkualitas atau memainkan alat musik tertentu. Implementasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perkembangan fisik siswa yang sanggup dilakukan guru adalah:
- Mengidentifikasi keadaan fisik dan kesehatan siswa.
- Mengumpulkan data kondisi fisik dan kesehatan siswa.
- Memperhatikan dan menanyakan kesehatan siswa pada setiap awal pembelajaran.
- Membimbing dan melatih siswa yang kemampuan motoriknya belum baik.
- Memberikan perhatian khusus kepada siswa yang mengalami gangguan panca indera dan tubuh kurang normal.
- Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi penyesuaian perilaku hidup sehat dan pengembangan keterampilan psikomotorik.
- Bekerja sama dengan rekan sejawat dan orang renta siswa untuk membuatkan potensi fisik siswa.
- Berkeja sama dengan tenaga jago untuk mengatasi permasalahan siswa yang memerlukan penangan khusus.
Karakteristik emosi siswa antara lain gampang marah, rewel, rasa takut berlebihan, cemburu, ingin tahu, iri hati, gembira, sedih, dan kasih sayang. Selain itu, perkembangan sosial sangat bersahabat dengan perkembangan emosional yang harus diindentifikasi oleh guru menurut karakteristik siswa.
Modul PPG Dalam Jabatan 2019 PDF > DownloadKarakteristik siswa menurut perkembangan sosialnya antara lain:
- Rentan terhadap penerimaan sosial.
- Kepekaan yang berlebihan dan gampang tersinggung.
- Sikap sportif dan tanggung jawab mulai tumbuh.
- Ada kecenderungan diskriminatif.
- Ada kecenderungan untuk menilai lebih rendah segala sesuatu yang menjadi milik orang lain.
- Bersikap antagonistis terhadap jenis kelamin atau cenderung bersama dengan siswa yang berjenis kelamin sama.
- Ada kecenderungan bersaing dengan kelompok lain.
- Mudah dipengaruhi alasannya ialah ingin menerima perhatian dari kelompok sebayanya.
- Masuk pada alamat Pembelajaran daring SPADA PPG berikut ini https://ppgspada.brightspace.com/
- Masukkan Ussername (NIM Mahasiswa) dan Password (NIM Mahasiswa) yang sudah dibeikan dari LPTK masing-masing penyelenggara Daring.
- Pilih Login.
- Cari pada sajian modul yang akan di download dalam hal ini modul yang sudah disediakan sesuai dengan aktivitas guru yaitu Modul Pedagogik dan Mata Pelajran.
- Pilih download pada modul yang diinginkan.
