Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Posko Samsung Peduli Dan Dapur Umum Didirikan Di Sulawesi Tengah


Lebih dari 2.000 pengungsi manfaatkan kemudahan posko untuk basuh pakaian gratis dan perbaikan alat-alat elektronik yang rusak tanggapan bencana

Duyu, Tatanga, Palu 30 November 2018 – Samsung Electronics Indonesia turut memperlihatkan perhatian bagi para pengungsi tragedi Sulawesi Tengah dengan mendirikan dua posko Samsung Peduli, yaitu di Stadion Gawalise dan Jono Oge yang menampung lebih dari 2.300 orang pengungsi, sebagai lanjutan dari bantuan Samsung yang diberikan melalui PMI pada bulan Oktober 2018 lalu.

Walau sudah dua bulan berlalu, namun tragedi gempa bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda Sulawesi Tengah gres saja ditetapkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah untuk memasuki masa pemulihan alasannya yaitu imbas kerusakan yang besar. Untuk mendukung masa pemulihan ini, di Posko Samsung Peduli yang telah beroperasi semenjak 19 November 2018 memperlihatkan layanan berupa basuh pakaian gratis, perbaikan alat elektronik Samsung yang rusak tanggapan bencana, sentra telekomunikasi, sarana hiburan, kemudahan edukasi untuk anak-anak, serta dapur umum. Setelah beroperasi selama 11 hari, Posko Samsung Peduli telah memperlihatkan layanan mencuci sampai 5224,3 kg atau 21,791 potong pakaian serta 8040 paket makanan.


Bencana di Sulawesi Tengah yang terjadi pada 28 September kemudian merupakan serangkaian peristiwa alam yang dimulai dengan gempa-gempa kecil, sedang, dan disusul oleh guncangan terbesar 7,4 Skala Richter dengan episentrum di Kota Palu yang menimbulkan gulungan tsunami setinggi tiga meter, serta likuifaksi atau pergerakan tanah secara signifikan yang meluluhlantakkan bangunan dan terputusnya kanal transportasi dan komunikasi.

Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 1 November melaporkan sebanyak 2.087 jiwa meninggal dunia, 4.438 luka-luka, 1.084 orang dinyatakan hilang, 68.451 unit rumah mengalami kerusakan dan menimbulkan 206.494 orang mengungsi di 122 titik. Selain itu terjadi pula kerusakan kemudahan umum, yaitu pada 327 tempat ibadah, 265 unit sekolah, tiga Rumah sakit, 78 unit perkantoran, serta tujuh jembatan.

Bulan Oktober 2018 lalu, Samsung mendonasikan Rp. 9 milyar melalui PMI. Kami melihat penduduk di sini masih membutuhkan bantuan. Hari ini kami menambahkan tunjangan untuk lebih dari 2.300 pengungsi di Stadion Gawalise dan Jono Oge dengan mendirikan Posko Samsung Peduli. Sejak hari pertama beroperasi posko ini mendapat respon positif dari masyarakat. Kami berharap sanggup membantu masyarakat untuk kembali berdiri memperbaiki kehidupan mereka,” ujar KangHyun Lee, Vice President Corporate Affairs PT Samsung Electronics Indonesia.

Di Posko Samsung Peduli yang berlokasi di titik pengungsian Stadion Gawalise dan Jono Oge, masing-masing menyediakan 10 mesin basuh Samsung untuk pelayanan basuh pakaian gratis, 3 microwave Samsung untuk menyiapkan kuliner siap saji serta menghangatkan makanan, 1 unit kulkas Samsung untuk penyimpanan minuman dan materi makanan, serta 1 TV Samsung 55 inci untuk memenuhi kebutuhan informasi maupun hiburan.


Melengkapi bantuannya, Samsung juga menyediakan sentra telekomunikasi di posko-posko Samsung Peduli dengan total 10 unit smartphone Samsung yang memungkinkan para pengungsi melaksanakan komunikasi dengan sanak saudara dan kerabat mereka secara gratis. Terdapat juga 5 unit tablet yang sanggup dipakai untuk permainan edukatif dan hiburan bagi belum dewasa di sekitar posko.

Bersamaan dengan berdirinya Posko Samsung Peduli, seluruh warga yang tinggal di daerah-daerah terdampak pribadi dari tragedi ibarat di Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya sanggup mendapat kegiatan tunjangan layanan servis dan penggantian sparepart produk-produk Samsung secara gratis. Layanan ini dikhususkan untuk peralatan rumah tangga ibarat TV, mesin cuci, kulkas, sound bar, vacuum cleaner, dan microwave yang berlaku dari tanggal 19 November sampai 2 Desember 2018.

Untuk mendapat kegiatan tunjangan ini, warga yang menjadi korban tragedi sanggup tiba dan menginformasikan ke salah satu Posko Samsung Peduli terdekat, kemudian tim servis Samsung akan mengunjungi dan membawa produk untuk diperbaiki. Bagi konsumen di luar area Posko Samsung Peduli sanggup menghubungi contact center Samsung di 0800 112 8888 untuk jadwal perbaikan dan kunjungan oleh teknisi Samsung ke rumah.



Sumber https://tizenindonesia.blogspot.com/